Fantastis! Pembentukan Relawan Tagana di Abdya Serap Dana Desa Senilai Rp 760 juta

Fantastis! Pembentukan Relawan Tagana di Abdya Serap Dana Desa Senilai Rp 760 juta
Sekdis DPMP4 Abdya, Zulkarnain (kiri) bersama Kabid Pemberdayaan Gampong Arif Zulfahmi saat ditemui Seuramoeaceh.com, Selasa (5/11/2019) | SEURAMOE/JULIDA FISMA

"Kami baru 3 bulan disini, belum tau pasti informasinya, kalau tidak salah ada Rp 10 juta anggaran Gampong Siaga yang digunakan, salah satunya untuk tagana gampong sebesar Rp 5 juta,"

SEURAMOE BLANGPIDIE - Pembentukan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di setiap Gampong dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyerap dana desa senilai Rp 760 juta.

Informasi yang berhasil dihimpun Seuramoeaceh.com Selasa (5/11/2019) menyebutkan, tagana yang terbentuk di 152 Gampong tersebut anggaran operasionalnya melalui dana desa masing-masing.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya, Zulkarnain membenarkan bahwa operasional tagana diserap dari dana gampong masing-masing.

"Benar anggarannya bersumber dari masing masing dana gampong tahun 2019," imbuhnya yang didampingi Kabid Pemberdayaan Gampong Arif Zulfahmi.

Tambah Zulkarnain, anggaran tersebut diserap dari dana desa dengan rincian Rp 5 juta pergampong.

"Kami baru 3 bulan disini, belum tau pasti informasinya, kalau tidak salah ada Rp 10 juta anggaran Gampong Siaga yang digunakan, salah satunya untuk tagana gampong sebesar Rp 5 juta," tuturnya.

Menurutnya, penggunaan anggaran untuk opersional tagana ditingkat gampong (desa) di benarkan oleh aturan.

"Secara aturan dibenarkan, kan itu positif terkait jumlah anggaran itu tergantung kebijakan gampong masing-masing," ulas Sekdis DPMP4 Abdya.

Zulkarnain menjelaskan, anggota tagana yang direkrut di 152 desa berjumlah 3 orang.

"Anggarannya Rp 5 juta dikalikan 152 gampong maka jumlah Rp 760 juta," demikian tutupnya.(*)

Rubrik:Abdya

Komentar

Loading...