Empat Muslim Terkaya dan Berpengaruh di Dunia

Empat Muslim Terkaya dan Berpengaruh di Dunia
Kolase Foto Aliko Dangote dan Shahid Khan

SEURAMOE – The Royal Islamic Strategic Studies Center (RISSC) belum lama ini merilis daftar 500 Muslim Berpengaruh di Dunia 2019. Lembaga ini turut memasukkan miliarder Muslim terkaya di dunia.

Dikutip dari The Muslim 500, Jumat 19 Oktober 2018, ada empat miliarder versi Forbes Real Time yang masuk ke dalam daftar ini.

Pertama, ada Mohamed Ibrahim. Ibrahim merupakan pengusaha Inggris kelahiran Sudan. Pria ini memiliki harta US$1,2 miliar (Rp18,23 triliun) dan menduduki peringkat ke-1.824 orang terkaya di dunia.

Dia mendirikan perusahaan telekomunikasi terbesar di Afrika, Celtel. Dia juga memberikan Anugerah Ibrahim sebagai penghargaan kepada pemimpin Afrika. Hadiahnya sebesar US$5 juta dan US$200 ribu setiap tahun untuk biaya hidup. Penghargaan ini diberikan untuk mempromosikan pemerintahan yang cakap dan bersih dari korupsi di Afrika.

Penghargaan ini lebih besar daripada Penghargaan Nobel Perdamaian yang memberikan hadiah US$1,3 juta.

Aliko Dangote

Kedua, ada Aliko Dangote. Dangote merupakan CEO Dangote Group, grup industri terbesar di dunia. Pria ini tercatat sebagai orang terkaya ke-119 di dunia dengan harta US$11,2 miliar.

Dangote menerima penghargaan Grand Commander of The Order of The Niger dari presiden Nigeria pada 2011.

Dia juga terkenal sebagai filantropi dan menyumbang sejumlah dana untuk Masjid Nasional, Perpustakaan Nasional, dan lembaga amal.

Hamdi Ulukaya

Ketiga, ada Hamdi Ulukaya. Pengusaha Turki ini merupakan bos perusahaan yogurt, Cobani. Ulukaya memiliki harta US$1,7 miliar (Rp25,82 triliun) dan tercatat sebagai orang terkaya ke-1.327 di dunia.

Pada 1994, Ulukaya pindah ke Amerika Serikat dan mendirikan pabrik yogurt. Resepnya berasal dari suku Kurdish dan peternakan di Turki. Di pabriknya, Ulukaya mempekerjakan 2 ribu karyawan dan fokus kepada komunitas lokal yang merupakan pengungsi.

Ulukaya juga memberikan saham 10 persen kepada karyawan-karyawannya.

Shahid Khan

Keempat, ada Shahid Khan. Insinyur Teknik Industri ini tercatat sebagai orang terkaya ke-204 dengan harta senilai US$6,9 miliar.

Khan memiliki perusahaan Flex N Gate yang merupakan pabrik automobile. Pendapatan perusahaannya sebesar US$6 miliar per tahun dan mempekerjakan 13 ribu pegawai.

Dia juga merupakan pemilik klub sepakbola Amerika, Jacksonville, dan klub sepakbola Inggris, Fulham.(*)

Artikel ini diambil dari situs berita Mulsim Populer Dream.co.id dengan judul “4 Miliarder Muslim Paling Berpengaruh di Dunia.

Komentar

Loading...