Disebut Berbohong, HRS Dipenjara Empat Tahun

Disebut Berbohong, HRS Dipenjara Empat Tahun
Massa aksi pendukung Habib Rizieq Shihab (HRS) memadati Jalan I Gusti Ngurah Rai menuju Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jakarta, Kamis (24/6/2021). | Republika/Thoudy Badai

SEURAMOE JAKARTA -- Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur memvonis Muhammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq Shihab (HRS) bersalah terkait perkara dugaan menutup-nutupi kondisi kesehatan di Rumah Sakit Ummi Bogor. Majelis hakim memvonis HRS dengan hukuman empat tahun penjara.

"Muhammad Rizieq Sihab telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan perbuatan dengan niatan pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat sebagaimana dalam dakwaan penuntut umum dan dijatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama empat tahun," kata Ketua Majelis Hakim Khadwanto, Kamis (24/6) pagi.

Menjelang pembacaan vonis kemarin, ratusan massa simpatisan HRS berniat menyambangi PN Jakarta Timur untuk mengawal persidangan. Sekitar pukul 10.30 WIB, ratusan massa simpatisan datang dari arah Buaran menuju flyover Pondok Kopi dan juga dari arah Cakung. Sejumlah kendaraan taktis disiapkan untuk mencegah massa yang bertindak anarkistis.

Aparat gabungan dari unsur TNI-Polri yang bersiaga di flyover Pondok Kopi kemudian berupaya menghalau massa simpatisan HRS. Karena banyaknya massa yang ingin merangsek lewat flyover, situasinya menjadi semakin runyam. 

Kerusuhan pecah lantaran polisi ingin memukul mundur massa. Di sela kekacauan, motor polisi dan warga yang terparkir di sisi kanan arah Jakarta tercebur ke saluran air.

Sumber:republika.id

Komentar

Loading...