Anggota DPRK Nagan Raya Sambangi LP Kelas II-B Meulaboh

Anggota DPRK Nagan Raya Sambangi LP Kelas II-B Meulaboh
Anggota DPRK Nagan Raya Teuku Cut Man SE, menerima proposal pengajuan bantaun peralatan mebel dan perabotan dari Ketua LP Kelas II-B Meulaboh, Jumadi SE, Selasa 18 Oktober 2018. |Foto: Seuramoe/Firdaus NB

SEURAMOE MEULABOH – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya, Teuku Cut Man SE, Selasa (16/10/2018) mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II-B Meulaboh Aceh Barat.

Kunjungan ke LP tersebut untuk melihat secara langsung terkait pelayanan dan pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), termasuk soal sarana dan prasana yang dimiliki serta berbagai kebutuhan yang diperlukan.

“Dalam kunjungan hari ini, saya telah berdialog dengan Kepala LP. Beliau telah menyampaikan berbagai hal terkait pelayanan, pembinaan dan kebutuhan,” kata Cut Man kepada Seuramoe.

Menurut Kepala LP, tambah Cut Man, salah satu kebutuhan dianggab penting, adalah pengadaan alat mebel dan perabotan. Alat itu dibutuhkan untuk menunjang pelatihan ketrampilan warga binaan.

“Keahlian adalah bekal bagi mereka dalam menata kehidupan lebih baik ketika kembali ke masyarakat. Itu artinya, pengadaan alat itu terasa penting,” tegasnya.

Karena itu, Cut Man meminta Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham SE untuk membantu pengadaan alat-alat pertukangan dimaksud.  Karena  ada 250 warga Nagan kini dibina di LP Meulaboh.

“Kebutuhkan dana untuk pengadaan alat ini hanya sekitar Rp 60 juta, dan dananya bisa diambil dari anggaran APBK Perubahan tahun 2018,” pungkas politisi PNA.

Kepala LP Kelas II-B Meulaboh Jumadi SE, yang dihubungi Seuramoe, membenarkan terkait kebutuhan peralatan mebel dan perabotan untuk kegiatan pembinaan kemandirian warga binaan sebagai mana dikemukakan anggota dewan.

Jumadi menjelaskan, akibat tidak ada alat pendukung pelatihan pertukangan, tiga unit mesin pembelah dan pemotongan kayu kini terpaksa di gudangkan.

”Untuk lebih jelas, data kebutuhan ada sama pak Cut Man, dan data itu juga akan kami berikan kepada Seuramoe besok,”  kata Jumadi.

LP Kelas II-B Meulaboh adalah Lembaga Pemasyarakatan milik bersama antara Pemkab Aceh Barat dengan Nagan Raya. LP tersebut dihuni oleh 580 warga binaan. 250 orang asal Nagan Raya dan 250 orang dari Aceh Barat. Selebihnya pindahan dari LP lain. (*)

Komentar

Loading...