Anggota Dewan Sambangi Dinas Sosial, Ada Apa?

Anggota Dewan Sambangi Dinas Sosial, Ada Apa?
Teuku Cut Man SE, menyerahkan daftar kelompok penerima manfaat desa Blang Muko yang tidak mendapat Rastra kepada Kadis Sosial TR Pahlawan SP. |Foto: Seuramoe/Firdaus NB

SEURAMOE SUKA MAKMUE – Sekretaris Komisi C DPRK Teuku Cut Man SE, Rabu (21/11/2018) menjumpai Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Nagan Raya TR Pahlawan SP.

Kehadiran Cut Man ke dinas tersebut untuk menindak lanjuti keluhan warga desa Blang Muko Kecamatan Kuala terkait pembagian Beras Sejahtera (Rastra) yang diduga tidak tepat sasaran,

Dalam pertemuan itu Cut Man meminta Dinsos untuk mendata ulang daftar Kelompok Penerima Manfaat (KPM) Rastra di Nagan Raya. Itu bertujuan, agar penyaluran Rastra tidak salah sasaran.

"Saya berharap proses pendataan KPM itu lebih cermat, agar tidak ada lagi warga miskin tidak menerima Rastra," harap Cut Man,

Sebab tambah Cut Man, pada dasarnya program bantuan sosial ini agar masyarakat pra-sejahtera bisa menikmati akses pemenuhan kebutuhan dasar hidupnnya.

“Saya berharap program ini dapat menyentuh langsung masyarakat dan memenuhi kebutuhan hidup mereka," kata Cut Man kepada Seuramoe usai

Sementara Kepala Dinas Sosial TR Pahlawan SP mengakui telah mengetahui persoalan pembagian Rastra di desa Balang Muko melalui media sosial dan berjanji akan menyelsaikannya.

TR Pahlawan menjelaskan, pembagian Rastra telah sesuai aturan karena mengacu pada Basis Data Terpadu (BDT) tahun 2015, yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS).

“Jadi, data itulah yang digunakan sekarang dalam penyaluran Rastra,” jelas Pahlawan.

Tapi untuk tahun 2018, tambah TR Pahlawan, BDT tahun 2015 telah dilakukan verikasi ulang karena setiap tahun pasti ada penerima yang masuk dan keluar termasuk untuk mengantisipasi agar dalam pendistribusianya tidak asasaran.

“Untuk menghindari salah sasaran, kami telah menvalidasi data di 222 desa di 10 kecamatan. Data itu kemudian akan dikirim ke Kementerian Sosial,” jelas TR Pahlawan (*)

Komentar

Loading...