Agar Mudah dan Efisien dalam Pelayanan, Pemko Banda Aceh Segera Terapkan Sistem tanda Tangan Elektronik

Agar Mudah dan Efisien dalam Pelayanan, Pemko Banda Aceh Segera Terapkan Sistem tanda Tangan Elektronik
Pemerintah Kota Banda Aceh Akan segera menerapkan sistem tanda tangan elektronik. FOTO : ANTARA.

SEURAMOE BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh segera menerapkan tanda tangan elektronik (TTE) dalam memberikan pelayanan publik dan dokumen pemerintahan setempat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Banda Aceh, Fadhil, kepada wartawan Jum'at (21/5/202).

“Agar mudah, cepat dan efisien, baik dalam pelayanan administrasi pemerintahan maupun pelayanan bagi publik harua diterapkan TTE ini," ujarnya.

Tambah Fadhil, penerapan sistem TTE tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Banda Aceh dengan Badan Siber Sandi Negara (BSSN) Maret 2021. 

“Ini merupakan suatu terobosan baru, karena dengan TTE tersebut akan mempercepat kerja birokrasi pimpinan seandainya pimpinan SKPD berada di luar kota,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Bidang E-Government Diskominfotik Banda Aceh Asna Mardhia menjelaskan, penerapan TTE ini sendiri merupakan salah satu wujud dari penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dalam bidang tata naskah dinas elektronik di pemerintahan.

"Manfaat dalam penggunaan TTE ini dapat menjamin keaslian dokumen, mempermudah administrasi perkantoran, menghemat ruang penyimpanan dan anggaran/biaya untuk ATK hingga jasa pengiriman dokumen," kata Asna. 

Dirinya menyebutkan, sementara ini mulai dari Wali Kota, Wakil Wali Kota Banda Aceh hingga seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah melakukan verifikasi TTE ini.

"Insyaallah secepat mungkin, dalam waktu dekat TTE ini sudah dapat kita implementasikan,” demikian Asna.(*)

Komentar

Loading...