309 Mahasiswa UTU KKN Di Aceh Jaya, Pemkab Harapkan Peran Pencegahan Stunting

309 Mahasiswa UTU KKN Di Aceh Jaya, Pemkab Harapkan Peran Pencegahan Stunting
Pemerintah kabupaten Aceh Jaya menyematkan almamater bagi perwakilan mahasiswa sebagai tanda dimulainya KKN di kabupaten itu

SEURAMOE CALANG - Sebanyak 309 orang mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kabupaten Aceh Jaya.

Ratusan mahasiswa itu akan mengabdikan diri di sejumlah desa di kabupaten itu selama 30 hari terhitung sejak 21 Juli hingga 21 Agustus 2022.

Kadatangan ratusan mahasis itu dipimpin langsung Rektor Universitas Teuku Umar, Dr. Ishak Hasan, M.Si, didampingi Wakil Rektor III, Dr. Mursyidin, MA dan sejumlah civitas akademik kampus tersebut.

Sekda Aceh Jaya Mustafa yang menyambut kedatangan para mahasiswa itu didampingi para asisten dan sejumlah kepala SKPK mengharapkan agar adanya terobosan yang dihasilkan selama pelaksanaan KKN di kabupaten itu.

Tidak hanya itu, Sekda Aceh Jaya juga meminta peran mahasiswa dan dosen DPL nantinya dapat memberikan referensi untuk daerah khususnya upaya pencegahan stunting. 

"Khususnya kepada adik-adik mahasiswa bersama dosen DPL, besar harapan agar melakukan terobosan-terobosan baru terkait masalah yang ada dalam masyarakat," katanya

"Tentunya, ini sangat berarti, sebagai refferensi pemerintah daerah dalam upaya perbaikan kedepan khususnya upaya mencegah dan menurunkan kasus stunting yang terjadi ditengah-tengah masyarakat," tambah Mustafa.

Sekda Aceh Jaya jug mengatakan pentingnya sinergitas, kolaborasi, antara perguruan tinggi dan pemerintah daerah agar mampu memberikan alternatif kebijakan pimpinan daerah, dalam hal memunculkan program-program baru, khususnya pengembangan kemandirian keluarga yang berbasis agro and marine industry, dimana tujuan utamanya adalah untuk mencegah dan menurunkan stunting di Kabupaten Aceh Jaya.

Tidak hanya itu, pemerintah Aceh Jaya juga mengucapkan terima kasih atas keikutsertaan dan peran serta UTU dalam membantu meningkatkan pengetahuan sekaligus partisipasi masyarakat dan mensejahterakan masyarakat Aceh Jaya.

Pada KKN tahun ini sendiri mahasiswa akan mengabdi di sejumlah Gampong yang ada di enam kecamatan dimana meliputi kecamatan Pasie Raya, Kecamatan Panga, Kecamatan Krueng Sabe, Kecamatan Setia Bakti, Kecamatan Darul Hikmah, dan Kecamatan Sampoinet.

Sementara itu Rektor UTU Dr. Ishak Hasan, M.Si, menyebutkan jika pelaksnaan KKN ini merupakan sumbangsih nyata dari UTU untuk pemerintah kabupaten Aceh Jaya dalam mendukung pembangunan.

"Untuk itu, seluruh jajaran pimpinan di UTU, bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya mewujudkan keberhasilan pembangunan di kabupaten Aceh Jaya, khususnya memberikan sumbangsih di bidang sumber daya manusia, karena kampus merupakan tempat Center of Excellence atau Pusat Unggulan dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM)," tutupnya.(**) 

Komentar

Loading...