Jembatan Krueng Teukuh Abdya Tak Kunjung di Bangun

Editor : -122 views
Warga kuala batee, saat melintasi di lokasi ambruknya jembatan Kreung Teukuh Abdya. Rabu (9/10/2019) | SEURAMOE/JULIDA FISMA

SERAMOE BLANGPIDIE – Jembatan rangka baja Krueng Teukuh Berlokasi Gampong Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Abdya terancam jadi besi tua lantaran tak kunjung di bangun.

Informasi yang berhasil diperoleh Seuramoeaceh.com Rabu, (9/10/2019) memyebutkan pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,1 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupten (APBK) Abdya tanuh 2016.

Dalam proses pengerjaannya, jembatan rangka baja benilai fantastis ini ambruk diterjang banjir pada pertengahan tahun 2016 silam.

Sejak itu pula, proyek dalam tahap penyelesaian 10 meter lagi itu, hingga kini belum bisa dinikmati mamfaatnya oleh masyarakat Abdya lantaran ambruk di terjang banjir.

Data yang diperoleh Seuramoeaceh.com tertulis proyek pemasangan jembatan rangka baja Krueng Teukuh sekitar 60 meter di atas aliran Krueng Teukuh atau sungai Babahrot yang dipindahkan.

Sayangnya, setelah pemasangan tuntas sekitar 50 meter atau tersisa sekitar 10 meter lagi tiba-tiba ambruk diterjang banjir dan hingga kini belum ada tanda-tanda akan diperbaiki.

Amatan Seuramoeaceh.com dilokasi sebagian rangka baja yang tenggelam kedasar sungai itu terancam akan menjadi besi tua.

Menariknya, pada akhir tahun 2018 lalu Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah saat meninjau jembatan tersebut berjanji akan menangani langsung pembangunan fasiltas dambaan para petani itu, dengan APBA-P 2019 dan selambat-lambatnya 2020.

Hingga kini, janji yang pernah diutarakan setahun lalu itu belum terealisasi sepenuhnya, sementara masyarakat Abdya, berharap agar apa yang disampaikan bisa menjadi kenyataan.(JULIDA FISMA)